Cara Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk


Hardware satu ini sangat rawan terkena bad sector. Ya, apalagi kalau bukan Harddisk (HDD). Berdasarkan pengalaman yang baru-baru ini terjadi, PC tiba-tiba lemot dan tidak bisa masuk Windows. Alhasil setelah dicek semua hardware, HDD-lah yang bermasalah. Mau beli HDD baru tidak cukup modal, akhirnya mau tidak mau mencoba memperbaiki.
Bermodalkan software andalan yaitu Hiren dan cari tutorial kesana-kemari, langsung eksekusi HDD dengan Low Level Format. Proses format yang satu ini lumayan lama, saya memerlukan waktu 1 hari dengan kapasitas HDD 1TB. Setelah selesai, saat itu juga langsung dicek kondisi HDD apakah masih ada bad sector atau tidak. HDD Tune dengan mode normal (bukan quick) perlahan-lahan mencek sektor dari HDD. Alhamdulillah hasilnya hijau semua, tidak ada sektor yang berwarna merah.
Kesimpulannya jika kalian mengalami hal yang sama seperti saya, bad sector pada HDD jangan pesimis dulu. Masih ada kesempatan HDD kembali normal meskipun kecil. Coba dengan cara Low Level Format. Semoga pengalaman ini bermanfaat dan saran saya selalu backup data kalian, jangan menunggu HDD bermasalah. HDD bisa dicari lagi, data tidak.

0 Comments

Post a Comment