Teknik Harmonic Pada Gitar

Harmonic merupakan salah satu teknik yang terdapat dalam permainan gitar. Lagu-lagu yang menggunakan teknik ini dapat menghasilkan pitch yang sangat tinggi yang sulit atau bahkan tidak mungkin dijangkau hanya dengan memainkan nada-nada pada fret seperti pada umumnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa teknik harmonic pada gitar dapat menghasilkan kualitas suara yang berbeda daripada nada-nada yang dimainkan pada fret, dan teknik ini juga merupakan salah satu dari banyak teknik pada gitar yang digunakan untuk menciptakan berbagai macam jenis musik.
Terdapat dua tipe teknik harmonic, yaitu natural harmonic dan artificial harmonic. Natural harmonic adalah harmonik asli dan merupakan teknik harmonik yang mudah dimainkan, dan teknik ini dimainkan pada open string. Suara yang jernih dari teknik ini umumnya dihasilkan pada fret ke 5, 7, 9, 12, dan 19. Adapun cara memainkan teknik natural harmonic yaitu dengan menyentuhkan salah satu jari tangan kiri pada senar dan tepat di atas fret, sedangkan penggunaan jari disesuaikan dengan nada yang akan dimainkan (yang tertulis pada partitur). Selanjutnya petik senar dengan tangan kanan dan angkat/lepas jari tangan kiri dari senar. Untuk memperoleh suara yang jernih dari permainan teknik harmonic tersebut, senar dipetik pada posisi dekat dengan bridge gitar.
Sementara itu, artificial harmonic atau pinch harmonic disebut juga dengan harmonic buatan. Perbedaan dengan natural harmonic adalah cara memainkan teknik tersebut. Cara memainkannya yaitu dengan menempelkan jari telunjuk tangan kanan pada salah satu senar di fret 12, dan selanjutnya petik dengan menggunakan jari a (jari manis tangan kanan). Fret 12 dapat dijadikan patokan, karena jika salah satu nada pada fret tersebut dipetik, maka nada yang dihasilkan adalah satu oktaf lebih tinggi dari nada pada open string (nada e pada senar 1, nada b pada senar 2, nada g pada senar 3, nada d pada senar 4, nada a pada senar 5, dan nada e pada senar 6).

Berikut adalah contoh permainan teknik natural harmonic oleh Joe Satriani


Sumber: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/DIKTT%20GTR%20DSR%20LNJT.pdf

0 Comments

Post a Comment