Cara Mendapatkan Magnet Neodymium Gratis

Jika kamu punya HDD lama / rusak / tidak terpakai jangan dibuang. Kamu bisa memanfaatkan salah satunya dengan mengambil magnet yang ada dalam HDD tersebut. Caranya? Lihat video berikut.

  1. Magnet permanen tidak sama dengan neodymium. Magnet permanen adalah logam yang memiliki sifat kemagnetan, sedangkan neodymium adalah unsur kimia logam transisi dalam yang memiliki sifat mudah sekali teroksidasi di udara. Neodymium ditemukan dalam batuan mineral monazite dan bastnazite. 
  2. Neodymium tidak terbuat dari apapun, neodymium diekstrak dari mineral yang mengandung neodymium. Magnet permanen bisa dibuat dari logam apapun yang memiliki sifat ferromagnetik. 
  3. Neodymium biasa tidak memiliki kemampuan menarik logam seperti magnet, namun ada magnet yang terbuat dari Neodymium yang disebut dengan Neomagnet (Neodymium magnet). Neodymium magnet merupakan magnet terkuat yang ada saat ini. Neomagnet terbuat dari logam campuran besi, neodymium, dan boron yang membentuk struktur kristalin tetragonal. 
  4. Neodymium biasa akan menempel dengan magnet permanen jika berdekatan. Hal yang sama akan terjadi jika magnet neodymium didekatkan dengan magnet permanen. Jika kedua magnet digunakan bersama-sama, maka fluks magnet akan lebih rendah jika dibandingkan dengan hanya magnet neodymium saja yang bekerja. Namun jika dibandingkan dengan magnet permanen biasa, fluks magnet kombinasi keduanya lebih tinggi.

1 comment


EmoticonEmoticon